Tanah Datar Tingkatkan Daya Saing Generasi Muda Melalui VSGA

    Tanah Datar Tingkatkan Daya Saing Generasi Muda Melalui VSGA
    Foto : Journalist.id

    TANAH DATAR - Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerja sama dengan Pemkab Tanah Datar menggelar pelatihan Vacation School Graduate Academy (VSGA) yang dilangsungkan selama lima hari.

    Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tanah Datar Drs. Yusrizal MM mengatakan pelatihan VSGA bertujuan untuk mencetak talenta atau sumber daya manusia (SDM) dalam bidang teknologi digital.

    "Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM di Tanah Datar, khususnya di bidang Informasi dan teknologi, " kata Yusrizal.

    Ia juga mengatakan, Dinas Kominfo terus berupaya menjadikan Tanah Datar sebagai daerah yang berbasiskan teknologi. Untuk itu ada tiga langkah yang diupayakan, yaitunya, aktifasi digital, aplikasi, dan infrastruktur

    Dinas Kominfo Tanah Datar juga bermimpi bahwa pada tahun 2024 apapun layanan sudah dalam HP android yang disebut dengan Tanah Datar diujung jari.

    Kepala BBPSDMP Medan yang diwakili Yusrizal, S.Kom, M.Eng mengatakan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada Februari 2018, jumlah tingkat pengangguran terbuka di Indonesia mencapai 5.13 persen.

    Tingkat pengangguran terbuka untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mencapai 21 persen, tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sekitar 24 persen, dengan kata lain ada penawaran tenaga kerja yang tidak terserap tingkat pendidikan SMA dan SMK.

    Untuk itu perlu peningkatan kemampuan tenaga kerja agar dapat memenuhi tenaga seni terampil maupun terampil dalam menutut kesenjangan tersebut.

    Mengetahui perkembangan pesat teknologi, maka Kemkominfo menginisiasi program digitalen scholarship dimana program itu sudah dimulai sejak tahun 2019.

    "Alhamdulillah sampai saat ini bekerja dengan tujuh mitra kerja yang akan melaksanakan pelatihan bagi 40 ribu orang, dan untuk Tanah Datar akan melatih 5000 orang mudahan ini bisa terlaksana, " ujarnya.

    "Untuk kegiatan ini ditujukan bagi para alumni SMK, pada pelatihan ini ada tiga skema ada junior gravic disainer, network administrasi, dan video editing, " lanjutnya.

    Pelatihan VSGA 2022 dibuka secara langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Kamis. Bupati berpesan manfaatkan waktu pelatihan untuk memperdalam ilmu. Jadikan untuk mengembangkan kompetensi dan mengupdate keterampilan ilmu dalam menghadapi tantangan juga keimanan.

    "Kalau kalian bersungguh sungguh insyaallah apa yang akan dicita-citakan akan tercapai dan tentunya diiringi dengan doa, " pesan Bupati.(JH)

    vsga tanahdatar
    Joni Hermanto

    Joni Hermanto

    Artikel Sebelumnya

    Mutasi di Polres Tanah Datar, Ini Daftar...

    Artikel Berikutnya

    Paripurna DPRD Tanah Datar, Tetapkan 16...

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    TV Parlemen Live Streaming
    Ketua Umum Bhayangkari Kunjungi Aiptu Heri dan Anaknya yang Terbaring Sakit
    Bareskrim Polri ungkap Jaringan Narkoba Wilayah Jambi H dan DS